Ingin Mulai Olahraga dengan Sepeda Gunung? Berikut Ini Tipsnya!

Semua orang pastinya setuju dengan pendapat bahwa olahraga memberikan manfaat yang besar untuk kebugaran dan kesehatan tubuh manusia. Banyak orang rela mengeluarkan uang dengan jumlah yang besar untuk mendapatkan kesehatannya kembali padahal bisa dimiliki dengan cara yang lebih terjangkau yaitu dengan membiasakan diri berolahraga ketika memiliki tubuh yang sehat. Cara berolahraga lebih murah dibandingkan mengkonsumsi obat atau multivitamin. Salah satunya adalah dengan bersepeda mengitari kompleks perumahan atau di lingkungan luar seperti di pegunungan yang memiliki udara lebih sejuk. Untuk melakukannya, yang perlu Anda persiapkan adalah sebuah sepeda gunung atau MTB yang harganya sangat bervariasi.

MTB memiliki model yang kuat dan kokoh karena dirancang untuk penggunaan sepeda di jalur alam namun tak terlalu terjal. Desainnya juga ramping yang memungkinkan Anda untuk menggunakannya dalam waktu yang lama tanpa merasa cepat lelah. Bagi pemula, menggunakan MTB merupakan pilihan yang pas untuk memulai aktifitas olahraga di luar ruangan yang ramah lingkungan serta terjangkau. Penggunaannya tak berbeda dengan sepeda biasa sehingga mudah dan ringan. Meski begitu, ketika ingin memulai bersepeda bagi pemula, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga keselamatan dan mendapatkan manfaat kesehatan. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam memulai bersepeda:

  1. Lengkapi alat keselamatan.
    Meski Anda hanya bersepeda di lingkungan perumahan saja, namun jangan sepelekan alat keamanan yang perlu digunakan ketika bersepeda. Alat-alat itu adalah helm, sepatu, baju sepeda dan pelindung siku atau lutut. Memang tak ada yang menginginkan terjadinya kecelakaan namun ketika hal tersebut terjadi, Anda akan lebih terlindungi.
  2. Pilihan sepeda.
    Untuk memilih sepeda gunung yang benar, sebaiknya Anda tidak membeli di toko online karena harus mencobanya terlebih dahulu sehingga ukuran sepeda yang dibeli sesuai dengan ukuran tubuh. Memilih berdasarkan ukuran saja memang bisa asalkan Anda mengetahui ukuran pasti sepeda yang sesuai dengan tubuh Anda. Jika tidak maka sebaiknya Anda mencoba secara langsung sebelum membelinya.
  3. Gear.
    Gear merupakan tatanan ruji pada sepeda yang memiliki tingkatan-tingkatan tertentu. Gear berguna untuk mengatur berat ringannya ayunan sepeda sehingga bisa Anda sesuaikan dengan track yang Anda lalui saat itu. Perhatikan penggunaan gear dengan cara mencobanya satu per satu sehingga Anda menjadi terbiasa dengan penggunaan gear untuk track yang sesuai.
  4. Jarak tempuh.
    Olahraga akan memberikan manfaat jika dilakukan secara bertahap namun kontinyu. Hal inilah yang membuat pemula sebaiknya menempuh jarak yang pendek terlebih dahulu hingga otot-otot tubuhnya terbiasa dengan jarak tersebut sebelum meningkatkan jaraknya secara bertahap. Selain jarak, kecepatan juga sebaiknya tidak terlalu cepat di awal namun stabil sehingga memberikan stamina yang lebih baik untuk menyelesaikan jarak tempuh.
  5. Lokasi bersepeda.
    Bersepeda dengan pelan dan hati-hati bagi pemula sebaiknya dilakukan di area olahraga yang khusus digunakan masyarakat tanpa adanya sepeda bermotor. Namun jika Anda kesulitan untuk mendapatkannya, bersepeda di lingkungan perumahan juga bisa dilakukan asalkan hati-hati dan waspada.

Dengan memperhatikan point-point keamanan dan kesehatan di atas, Anda bisa melakukan olahraga dengan sepeda gunung tanpa perlu mengeluarkan dana yang besar untuk bisa memberikan manfaat kesehatan. Kini banyak juga event yang digelar oleh pemerintah atau swasta dimana Anda bisa bersepeda bersama masyarakat lain agar lebih menyenangkan dan aman. Jangan lupa untuk selalu membawa bekal air minum untuk menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *